Minggu, 01 Januari 2012

Review Manusia Setengah Salmon



Judul                : Manusia Setengah Salmon
Penulis             : Raditya Dika
Penerbit           : GagasMedia
ISBN                 : 979-780-531-9
Tebal                : 258 halaman
Harga               : Rp. 42.000,- untuk pembelian di toko buku terdekat


beberapa foto absurd saya dengan MSS

ini dia pembatas buku paling aneh 

Manusia Setengah Salmon adalah buku terbaru Raditya Dika yang baru resmi dilaunchingkan pada tanggal 24 Desember 2011 kemarin. Well, aku baru beli buku ini sekitar 4 harian yang lalu maybe karena kehabisan, Yak. dimulai dari  waktu lagi jalan2 sama mbak saudaraku ke MOG, mbak saudaraku minta dianter ke sebuah toko buka Tisera, kita emang nggak ada planning buat beli buku Bang Dika hari ini di toko ini, tapi sekedar tanya di toko itu, ternyata udah amblas lho.

Besoknya niatku sama mbak adalah buat ke Gramedia Basuki Rahmad, dan apa yang terjadi? HABIS! Great, kesalahan adalah tidak menelpon dulu sebelum berangkat. Dan yang namanya orang ngebet pasti bakal bela-belain demi yang dia pengen dan akupun...Ke gramedia matos. Msih tetap bersama mbakku. Dan mungkin  kenyataan berkata Bukan hari ini.

Paginya masih tetap dengan kengebetanku, aku memutuskan buat nelpon gramedia Basuki Rahmad dan manusia setengah salmon itupun ada! Berangkat, capcus langsung beli :D  
Manusia Setengah Salmon #BestSeller1 -gramediabasukirahmad

Kembali ke Manusia Setengah Salmon. Dan dengan segala keabsurd-tannya.
Manusia Setengah Salmon adalah kumpulan tulisan komedi Raditya Dika. Sembilan belas bab di dalam bercerita tentang pindah rumah, pindah hubungan keluarga, sampai pindah hati.
Banyak bab disini yang menurutku sangat menarik. Raditya Dika mengupas sisi kehidupannya dengan cara yang berbeda, yang mudah dimengerti untuk semua kalangan, dan itulah yang membuat ciri khas dari buku-bukunya. Gaya Bahasanya. Cara dia menyampaikan pada pembacanya.

Ini dia bab favouriteku: Sepotong Hati Dalam Kardus Coklat, Bakar Saja Keteknya, dan Kasih Ibu Sepanjang Belanda; Most favourite. tentu saja bab Manusia Setengah Salmon.

Di dalam buku ini ada beberapa quotes dan beberapa potongan kalimat yang menurutku juga sebuah perumpamaan kalo kita nelaah maksudnya lebih dalam, menurutku,

Ini dia beberapa quotes dan kalimat yang pas bgt, menurutku:

  • Harga diri lebih penting daripada sakit hati -hal 22
  • Mungkin itu masalahnya, pikir gue. Seperti rumah ini yang jadi terlalu sempit buat keluarga kami, gue juga menjadi terlalu sempit buat dia. Dan, ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tak nyaman, saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa)cocok untuk dirinya. -hal 29
  • Putus cinta sejatinya adalah sebuah kepindahan -hal 36
  • Ujung-ujungnya sama:kita harus maju, meninggalkan apa yang sudah menjadi ruang kosong. -hal 36
  • Ya, sudahlah. Kenangan-kenangan yang memaksa untuk diingat itu harus dipaksa masuk ke kotak. -hal 37
  • Sugiman harus tahu bahwa dia bau. Dan, gue harus sayang sama kesehatan paru-paru gue sendiri. -hal 62
  • Kadang-kadang, emang terlalu baik juga enggak baik -hal 102
  • Semakin tua umur kita semakin kita ingin mandiri dari orang tua -hal 105
  • Sebaiknya, semakin bertambah umur kita, semakin kita dekat dengan orang tua kita. -hal 133
  • Sesungguhnya, terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima. -hal 134
  • You can't always get what you want, but if you try sometimes you just might find you get what you need -hal 161
  • "Caranya terbebas dari jomblo friksional?" "Ya, move on". -hal 172
  • The pains of growing up. Pindah menjadi dewasa berarti siap menghadapi rasa sakit dan melihat hal-hal yang menyakitkan itu sendiri. -hal 203
  • Percayalah, ngeden sambil senyum itu enggak matching. -hal 218
  • Karena perjuangan untuk pindah adalah perjuangan untuk melupakan. -hal 244
  • Karena, orang terbaik buat kita seperti rumah yang sempurna. Sesuatu yang bisa melindungi kita dari gelap, hujan, dan menawarkan kenyamanan -hal 245
  • Perjalanan salmon-salmon ini tidak gampang. -hal 253
  • Namun, salmon-salmon ini tetap pergi apapun yang terjadi. -hal 253
  • HIDUP penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti -hal 255
  • Gue jadi berpikir, ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gue gak perlu jadi manusi super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon:berani pindah. -hal 256
  • Mungkin, gue hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perpindahan ini -hal 258
Menurutku :)
Well, sebenarnya hidup ini adalah bagaimana berani untuk pindah. Pindah menjadi lebih baik. Orang yang mulai dewasa adalah orang yang mampu membuat keputusan untuk pindah dan berani menanggung segala resiko atas kepindahannya itu. Dan lagi, hidup ini hanya untuk orang yang berani.


Dan pindah berarti butuh berjuang -saya

-Sekian :)





0 komentar:

Poskan Komentar